PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQURY TRAINING DAN KEMAMPUANBERPIKIRKRITISTERHADAPHASILBELAJAR SISWA PADAMATERIFLUIDASTATISKELASXI SMANEGERI 4 KISARAN T.P. 2015/2016

Panjaitan, Laila Azwani (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQURY TRAINING DAN KEMAMPUANBERPIKIRKRITISTERHADAPHASILBELAJAR SISWA PADAMATERIFLUIDASTATISKELASXI SMANEGERI 4 KISARAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 4123321027 COVER.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 4123321027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 4123321027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 4123321027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 4123321027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 4123321027 TABLES.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 4123321027 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM 4123321027 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 NIM 4123321027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 4123321027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 NIM 4123321027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 4123321027 BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry Training pada materi Fluida Statis di Kelas XI SMAN 4 Kisaran T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan two group pretest postest design. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI Semester genap SMAN 4 Kisaran yang terdiri dari 4 kelas. Sampel diambil dua kelas dengan teknik Cluster Random Sampling, kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA 3 = 33 orang dan kelas kontrol yaitu kelas XI IPA 2 = 33 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah : 1) tes hasil belajar; 2) tes kemampuan berpikir kritis. Tes hasil belajar berjumlah 7 item dalam bentuk uraian dan tes kemampuan berpikir kritis berjumlah 3 item dalam bentuk uraian. Kedua tes telah divaidasi oleh validator. Teknik analasis data yang digunakan adalah analisis varians dua jalur. Dari hasil analisis pretest diperoleh nilai rata rata kelas eksperimen = 63,84 dengan standar deviasi 10,04 dan kelas kontrol = 68,87 dengan standar deviasi 7,65. Kedua sampel penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Nilai rata rata postest kelas eksperimen = 89,66 dengan standar deviasi 6,35 dan kelas kontrol = 78,21 dengan standar deviasi 6,69. Nilai rata rata sikap siswa pertemuan I = 79,15; pertemuan II = 80,42; pertemuan III = 83,94; pertemuan IV = 87,97. Nilai rata rata psikomototik siswa pertemuan I = 67,76; pertemuan II = 77,85; pertemuan III = 77,97; pertemuan IV = 78,45. Hasil perhitungan anava diperoleh Fkolom> Ftabel = 45,45>4,15, sehingga ada pengaruh perbedaan hasil belajar akibat penerapan model pembelajaran Inquiry Training pada materi pokok fluida statis di kelas XI SMAN 4 Kisaran T.P. 2015/2016. Fbaris> Ftabel = 101,017>4,15, sehingga ada pengaruh berpikir kritis tinggi dengan berpikir kritis rendah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis di kelas XI SMAN 4 Kisaran T.P. 2015/2016. Finteraksi>Ftabel=1056,555>4,15, sehingga ada interaksi antara model pembelajaran Inquiry Training dengan berpikir kritis terhadap hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiregar, Alkhafi Maas19690127199412001
Call Number: SK-2016 FIS 139
Keywords: Massa Jenis; Tekanan; Hukum Pascal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Oct 2016 04:12
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20578

Actions (login required)

View Item View Item