PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION(GI)TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALORDI KELAS X SEMESTER II SMA MUHAMMADIYAH 2 M E D A N TP 2 0 1 5 / 2 0 1 6

Siregar, Evitamala (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION(GI)TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALORDI KELAS X SEMESTER II SMA MUHAMMADIYAH 2 M E D A N TP 2 0 1 5 / 2 0 1 6. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4121121011 COVER.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4121121011 APPROVAL SHEET.docx.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Other
3.NIM_4121121011_ABSTRACT.PDF - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Other
4._NIM_4121121011_PREFACE.PDF - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Other
5._NIM_4121121011_TABLE_OF_CONTENT.PDF - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Other
6._NIM_4121121011_TABLES.PDF - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Other
7._NIM_4121121011_ILLUSTRATION.PDF - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Other
8_NIM_4121121011_APPENDICES.PDF - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Other
9._NIM_4121121011_CHAPTER_I.PDF - Published Version

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Other
13._NIM_4121121011_CHAPTER_V.PDF - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Other
14_NIM_4121121011_DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (203kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar pengetahuan konseptual siswa akibat model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) lebih baik dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Muhammadiyah 2 Medan T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X semester genap SMA Muhammadiyah 2 Medan yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa tes pilihan ganda sebanyak 15 soal yang telah divalidkan oleh validator. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel (2,031 > 1,997). Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) memiliki pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar pengetahuan konseptual siswa daripada pembelajaran konvensional pada materi pokok Suhu dan Kalor Di Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Medan T.P 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSiregar, Alkhafi Maas19690127199412001
Call Number: SK-2016 FIS 140
Keywords: Quasi Eksperimen; Cluster Random Sampling; Suhu dan Kalor
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Oct 2016 03:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20567

Actions (login required)

View Item View Item