PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) DAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Nasution, Syadzwana Putri Utami (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) DAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7123142050 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7123142050 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7123142050 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7123142050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (615kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7123142050 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7123142050 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7123142050 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7123142050 PREFACE.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7123142050 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7123142050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7123142050 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7123142050 TABLES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7123142050 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7123142050 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7123142050 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7123142050 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7123142050 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7123142050 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (687kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7123142050 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7123142050 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7123142050 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7123142050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview

Abstract

XI SMK Negeri 1 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil
belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran
Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) lebih tinggi dibanding
hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran
Think Talk Write (TTW) siswa kelas XI SMK Negeri 1 Medan T.P. 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AK SMK Negeri 1 Medan T.P
2016/2017 yang berjumlah 152 siswa. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah cluster random sampling yaitu dengan menggunakan dua kelas
yaitu XI AK 1 sebagai kelas eksperimen I dan XI AK 2 sebagai kelas eksperimen
II yang masing-masing berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang
digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda
sebanyak 20 item tes dengan 5 pilihan option. Dimana sebelumnya telah diuji
cobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes, reliabilitas, daya beda, dan tingkat
kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji
homogenitas, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajar dengan
model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) ( =
80,62, dan SD = 8,77) lebih tinggi dari pada yang diajar dengan model
pembelajaran Think Talk Write (TTW) ( = 75,15 dan SD = 7,87). Pengujian
hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji stastistik atau uji t. Hasil
perhitungan didapat menujukkan bahwa thitung = 2,623 dan setelah dibandingkan
dengan harga ttabel = 1,683 ternyata thitung>ttabel (2,623 > 1,683).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang
diajar dengan menggunakan model pembelajaran Connecting, Organizing,
Reflecting, Extending (CORE) lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang
diajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) siswa
kelas XI SMK Negeri 1 Medan T.P. 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SSK-2016 AKT 146
Keywords: Model Pembelajaran CORE; Hasil Belajar; Pelajaran Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Oct 2016 07:56
Last Modified: 14 Oct 2016 07:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20538

Actions (login required)

View Item
View Item