PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING DENGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS XI-AK SMK HARAPAN STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Rizka, Novia (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING DENGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS XI-AK SMK HARAPAN STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7121142015 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7121142015 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7121142015 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7121142015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (620kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7121142015 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7121142015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7121142015 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7121142015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7121142015 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7121142015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7121142015 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7121142015 TABLES.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7121142015 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7121142015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7121142015 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7121142015 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7121142015 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7121142015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (528kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7121142015 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7121142015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7121142015 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7121142015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI-AK SMK Harapan Stabat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Probing Prompting dengan penggunaan media pembelajaran Visual (Power Point) terhadap hasil belajar Akuntansi kelas XI-AK SMK Harapan Stabat tahun pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Harapan Stabat yang berlokasi di Jalan Letjend S. Parman No. 5 Stabat pada tahun pembelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI-AK SMK Harapan Stabat yang berjumlah 61 orang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah purposive sample dimana sampelnya terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan 25 orang siswa disetiap kelas. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data adalah 20 butir soal objektif tes tentang dana kas kecil, yang mana validitas, reliabilitas, daya pembeda soal dan taraf kesukaran soal telah diuji penulis. Data yang telah diperoleh dianalisa melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk mengambil kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran probing prompting dengan penggunaan media pembelajaran visual (power point) terhadap hasil belajar akuntansi siswa. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar akuntansi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran probing prompting dengan penggunaan media pembelajaran visual (power point) adalah pretest sebesar 44,8 dan posttest sebesar 82,6 sedangkan hasil belajar akuntansi siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional (ceramah) dengan penggunaan media pembelajaran papan tulis adalah pretest sebesar 38,4 dan posttest sebesar 67,8. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,359 > 1,678 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.
Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran probing prompting dengan penggunaan media pembelajaran visual (power point) terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI-AK SMK Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2016/2017 pada materi dana kas kecil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 AKT 120
Keywords: Model Pembelajaran Probing Prompting; Media Pembelajaran Visual; Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Oct 2016 03:51
Last Modified: 14 Oct 2016 03:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20515

Actions (login required)

View Item
View Item