PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HANDS ON ACTIVITY DENGAN PENDEKATAN SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 12 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Sibarani,, Maria Lorenza Marolop (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HANDS ON ACTIVITY DENGAN PENDEKATAN SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 12 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7123342020 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7123342020 COVER.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7123342020 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7123342020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7123342020 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7123342020 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7123342020 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7123342020 PREFACE.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7123342020 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7123342020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7123342020 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7123342020 TABLES.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7123342020 GRAPH.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7123342020 GRAPH.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7123342020 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7123342020 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7123342020 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7123342020 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (549kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7123342020 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7123342020 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7123342020 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7123342020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI
IPS SMA Negeri 12 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar
akuntansi yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Hands On Activity
dengan Pendekatan Scaffolding lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar
dengan menggunakan Metode Konvensional di kelas XI IPS SMA Negeri 12 Medan
Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 12 Medan yang beralamat di Jl.
Cempaka No. 75 Kel. Helvetia Tengah Kec. Medan Hevetia, Medan. Populasi dalam
penelitian ini terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 100 siswa. Dan sebagai sampel
penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPS 2 sebagai kelas
eksperimen. Masing-masing terdiri dari 32 siswa dengan menggunakan simple random
sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah tes pilihan
ganda sebanyak 20 item. Teknik analisis data dilakukan melalui langkah-langkah
menentukan rata-rata hitung, varians dan standar deviasi. Selanjutnya melakukan uji
normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Dalam pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t dan dk =

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 AKT 113
Keywords: Model Pembelajaran Hands On Activity; Pendekatan Scaffolding; Metode Konvensional & Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Oct 2016 08:29
Last Modified: 13 Oct 2016 08:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20480

Actions (login required)

View Item
View Item