PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM OPEN ENDED(OE) DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI SMALL GROUP WORK TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII SMA SWASTAMARKUS MEDANT.P 2015/2016

Samosir, Praspita (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM OPEN ENDED(OE) DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI SMALL GROUP WORK TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII SMA SWASTAMARKUS MEDANT.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7123142040 COVER.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7123142040 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7123142040 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7123142040 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7123142040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7123142040 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7123142040 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7123142040 BAB I.pdf - Published Version

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 7123142040 BAB V.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7123142040 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Swasta Markus Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem open ended (OE) dengan menggunakan strategi small group work terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS di SMA Swasta Markus Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Markus Medan, yang beralamat di jln. Kapten Muslim no. 226 Helvetia, Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS yang terdiri dari 2 kelas jumlah 50 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah total sampling sebagai kelas eksperimen kelas XII IPS1 dan kontrol kelas XII IPS2. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 soal. Test dilakukan sebanyak dua kali yaitu di awal (pretest) dan di akhir (posttest) penelitian. Sebelum test diberikan kepada sampel penelitian, maka test di uji coba terlebih dahulu SMA Negeri 1 Onanrunggu sebanyak 30 soal. Hal ini dilakukan untuk menguji validitas, reliabilitas, daya pembeda soal dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat data. Dalam hal ini dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas data. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas XII IPS1 46,6 dengan Standar Deviasi 6,87 dan nilai rata-rata postest siswa setelah menggunakan Model Pembelajaran Problem Open Ended (OE) Dengan Menggunakan Strategi Small Group Work = 82 dengan standar deviasi 9,35. Sedangkan nilai rata-rata pretest siswa kelas XII IPS2 47,4 dengan Standar Deviasi 8,67 dan nilai rata-rata postest siswa setelah menggunakan menggunakan metode konvensional = 63 dengan standar deviasi 8,77. Dari analisis data yang diperoleh bahwa hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung < Ltabel) dan homogen Fhitung < Ftabel. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung > ttabel (7,42 > 1,67), yang berarti hipotesis diterima pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05 dengan dk = n+n -2 = 48. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem Open Ended (OE) dengan menggunakan strategi Small Group Work lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan metode konvensional siswa kelas XII IPS di SMA Swasta Markus Medan T.P 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilalahi, Sondang Aida197901142008012005
Call Number: SK-2016 AKT 157
Keywords: Model pembelajaran problem Open Ended;menggunakan strategi Small Group Work; Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Oct 2016 07:44
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20475

Actions (login required)

View Item View Item