PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK SISWA SMA SANTO THOMAS 1 MEDAN

Sitanggang, Roni Antonius (2016) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK SISWA SMA SANTO THOMAS 1 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8146121034 COVER.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8146121034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8146121034 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8146121034 PREFACE.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8146121034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8146121034 TABLES.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8146121034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8146121034 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8146121034 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8146121034 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8146121034 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Pendidikan Agama Katolik antara : (1) siswa yang diajar menggunakan model Problem Based Learning (PBL) tipe Floating Facilitator (FF) dan Tipe Peer Tutor (PT), (2) siswa yang memiliki gaya berpikir Sekuensiel Abstrak (SA) dan Sekuensiel Konkrit (SK), dan (3) interaksi antara penggunaan model PBL dan Gaya Berpikir. Populasi dalam penelitian ini terdiri atas siswa kelas XI sebanyak empat kelas SMA Santo Thomas 1 Medan sebanyak 546 orang. Sampel yang digunakan sebanyak empat kelas yang terdiri atas 181 orang. Sampel penelitian ini diambil secara random cluster. Instrumen pengukuran untuk mengukur hasil belajar digunakan tes yang berbentuk Multiple Choice (Pilihan Berganda) sedangkan gaya berpikir diukur dengan tes non tes yang berbentuk angket. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain factorial 2x2 sedangkan teknik analisis data menggunakan anava dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Uji prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian diperoleh hasil belajar Pendidikan Agama Katolik : (1) siswa yang diajar dengan menggunakan model PBL tipe Floating Facilitator (FF) lebih tinggi dibandingkan dengan model PBL tipe Peer Tutor (PT), (2) siswa yang memiliki gaya berpikir Sekuensiel Abstrak (SA) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya berpikir Sekuensiel Konkrit (SK) dan, (3) terdapat interaksi antara penggunaan model PBL dengan gaya berpikir.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSitumorang, Julaga195108201978031002
Thesis advisorSiagian, Sahat196101041987031017
Call Number: 372.84 Sit p
Keywords: Hakikat belajar; Pendidikan agama katolik; Model pembelajaran; Gaya berpikir
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC321 Religion and education
L Education > LC Special aspects of education > LC361 Christian education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 30 Sep 2016 02:49
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20181

Actions (login required)

View Item View Item