PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SMA SWASTA AN-NIZAM MEDAN

Siregar, Irdes Hidayana (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SMA SWASTA AN-NIZAM MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.NIM.8146175014 COVER.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.NIM.8146175014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.NIM.8146175014 ABSTRCK 1.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.NIM.8146175014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.NIM.8146175014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.NIM.8146175014 TABLES.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.NIM.8146175014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.NIM.8146175014 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.NIM.8146175014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.NIM.8146175014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.NIM.8146175014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran Fisika berbasis problem based learning pada tingkat SMA yang sesuai dengan model pembelajaran problem based learning dan menganalisis apakah perangkat pembelajaran Fisika berbasis problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian pengembangan ini dilakukan pada uji terbatas dengan memakai satu kelas dengan menggunakan metode penelitian pengembangan Four D-Model (4-D). Metode 4-D ini digunakan sebagai metode untuk mendesain perangkat pembelajaran RPP dan LKS yang sesuai dengan model pembelajaran problem based learning. Tiga tahapan pengembangan perangkat pembelajaran RPP dan LKS seperti pada tim ahli, kelompok kecil, dan uji lapangan. Penilaian tim ahli didasarkan pada aspek identitas, indikator, pemilihan materi, pemilihan model pembelajaran, kesesuaian kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran dan sumber belajar. Pada kelompok kecil dan uji lapangan berdasarkan respon siswa. Khusus pada penilaian perangkat pembelajaran RPP respon siswa berisi penilaian siswa terhadap kemampuan guru mengajar. Penilaian perangkat pembelajaran LKS berdasarkan aspek kesesuaian materi dengan tujuan pembelajaran, kesesuaian penggunaan bahasa dan kalimat serta tampilan LKS, penggunaan LKS dalam pembelajaran dan kesesuaian model dengan materi dan LKS. Penilaian hasil belajar siswa berdasarkan pretes dan postes dianalisis dengan uji N-gain. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran RPP dan LKS yang divalidasi oleh tim ahli dengan kriteria baik. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran RPP dan LKS pada kelompok kecil dan uji lapangan dengan kriteria baik. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari pertemuan I hingga ke pertemuan III dari kategori rendah ke tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSahyar, 196004261985031003
Thesis advisorSani, Ridwan A.196406101988031017
Call Number: 537.607 12 Sir p
Keywords: Perangkat pembelajaran; Model pembelajaran problem based learning; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 15 Sep 2016 04:09
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19555

Actions (login required)

View Item View Item