PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 SELESAI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Sari, Dessy Novita (2016) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 SELESAI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 2121111003 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 2121111003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 2121111003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 2121111003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 2121111003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 2121111003 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 2121111003 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 2121111003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 2121111003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2121111003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh media Pembelajaran Flashcard dalam menulis teks pidato siswa kelas IX SMP Negeri 1 Selesai Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Selesai yang berjumlah 298 orang. Sementara sampel diambil secara random sampling (acak kelas), sebanyak 32 siswa yaitu kelas IX-1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay dalam bentuk penugasan yaitu menulis teks pidato. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Metode dalam penelitian ini menggunakan desain eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks pidato dengan tanpa perlakuan media Pembelajaran Flashcard termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 68,1 sedangkan sesudah perlakuan media Pembelajaran Flashcard termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 79,5. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel atau 4,45 > 2,04 pada taraf signifikan = 0,05. Dengan demikian, telah terbukti bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu media Pembelajaran Flashcard lebih berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan menulis teks pidato siswa kelas IX SMP Negeri 1 Selesai Tahun Pembelajaran 2015/2016. Hal ini membuktikan bahwa hasil pembelajaran menulis teks pidato dengan menggunakan media Pembelajaran Flashcard lebih berpengaruh. Media ini berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks pidato. Dengan demikian, guru diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang berbeda dan berkreasi dalam proses belajar mengajar, serta memperhatikan media pembelajaran yang terus berkembang pada dunia pendidikan. Sehingga siswa lebih berminat dan termotivasi pada saat proses belajar mengajar berlangsung, khususnya didalam pembelajaran menulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDalimunthe, S.Fahmy197802112006041002
Call Number: SK-2016 IND 070
Keywords: Media Pembelajaran Flashcard; Menulis; Pidato.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P95 Oral communication. Speech
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Sep 2016 07:00
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19491

Actions (login required)

View Item View Item