PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB) DI KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Putri, Tantri Safitri (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB) DI KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN & PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Rencana Anggaran Biaya siswa kelas X di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan menerapkan model pembelajaran Siklus Belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2013/ 2014 dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang, metode penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui rata-rata hasil belajar siswa pada saat penelitian dilaksanakan. Berdasarkan hasil evaluasi proses dan hasil pada setiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa yaitu siklus pertama skor aktivitas rata-rata nilai 59,26 meningkat menjadi 81,85 pada siklus kedua. Selanjutnya peningkatan hasil belajar siswa juga terjadi pada siklus pertama dengan rata-rata nilai 72,5 meningkat menjadi 84,5 pada siklus kedua. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan melakukan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Siklus Belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya (RAB)) pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Selain itu dapat menimbulkan suasana belajar yang menyenangkan karena siswa aktif dan belajar untuk menemukan sendiri makna dari pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDSitompul, Harun196007051986011001
Call Number: 690.071 9 Put p
Keywords: Model Pembelajaran; Siklus Belajar; Fase Pendahuluan (Engagement); Rencana Anggaran Biaya (RAB)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19083

Actions (login required)

View Item View Item