PENGARUH PENDEKATAN PENGAJARAN BERBALIK(RECIPROCAL TEACHING) TERHADAP HASIL BELAJARSISWA PADA MATA DIKLAT KONVERSI ENERGIKOMPETENSI TURBIN SISWA KELAS X SMKAL-WASLIYAH 4 MEDAN T.A 2011/2012

SUGIANTO, (2012) PENGARUH PENDEKATAN PENGAJARAN BERBALIK(RECIPROCAL TEACHING) TERHADAP HASIL BELAJARSISWA PADA MATA DIKLAT KONVERSI ENERGIKOMPETENSI TURBIN SISWA KELAS X SMKAL-WASLIYAH 4 MEDAN T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM 071255110056 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 071255110056 ABSTRAK_docx.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 071255110056 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 071255110056 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 071255110056 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 071255110056 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 071255110056 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 071255110056 BAB I_docx.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 071255110056 BAB V.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 071255110056 DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan pendekatan pengajaran berbalik (reciprocal teaching) pada mata diklat konversi energi kompetensi turbin siswa kelas X SMK Al Wasliyah 4 medan T.A 2011/2012.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester genap yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas secara acak yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 25 soal.Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 37,78 dengan standar deviasi 6,65, dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 38,33 dengan standar deviasi 5,73. Pada pengujian normalitas diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,1557 dan Ltabel = 0,1617, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,1493 dan Ltabel = 0,1617, sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,346 dan Ftabel = 1,858, sehingga Fhitung < Ftabel, maka kedua tabel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan pendekatan pengajaran terbalik (reciprocal teaching) dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 77,64 dengan standar deviasi 6,85 dan kelas kontrol 71,67 dengan standar deviasi 6,22. Hasil uji t diperoleh thitung = 3,51 dan ttabel = 1,671 sehingga thitung > ttabel (3,51 > 1,671) maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh bahwa terdapat pengaruh Pendekatan Pengajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Konversi Energi Kompetensi Turbin Siswa Kelas X SMK Al Wasliyah 4 T.A 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorYuniartoM, 196506041990031004
Call Number: 620 Sug p
Keywords: Populasi ; Sampel; Penelitian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Cecilia Tampubolon
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18649

Actions (login required)

View Item View Item