PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PBP) DALAM UPAYA MENINGKATKAN TINGKAT PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR MEMBUAT HALAMAN WEB DINAMIS TINGKAT LANJUT DI KELAS XI TKJ-2 SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN

Azmi, Fadhillah (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PBP) DALAM UPAYA MENINGKATKAN TINGKAT PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR MEMBUAT HALAMAN WEB DINAMIS TINGKAT LANJUT DI KELAS XI TKJ-2 SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM 508 431 001 COVER.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 508 431 001 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 508 431 001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 508 431 001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 508 431 001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 508 431 001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 508 431 001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 508 431 001 BAB I.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 508 431 001 BAB V.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 508 431 001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam upaya meningkatkan tingkat pemahaman dan hasil belajar membuat web dinamis tingkat lanjut. Pembelajaran Berbasis Proyek menekankan kegiatan belajar yang berpusat pada siswa, serta terintegrasi pada praktik juga di kejadian dunia nyata. Dalam PBP, proyek dilakukan secara kolaboratif, inovatif, unik, berfokus pada pemecahan masalah, berhubungan antara siswa dengan masyarakat. PBP memiliki potensi besar agar membuat pengalaman belajar lebih menarik serta bermakna bagi siswa. Dalam PBP, siswa terdorong lebih aktif dalam pembelajaran sementara guru sebagai fasilitator, mengevaluasi produk hasil kinerja siswa yaitu meliputi outcome, ditampilkannya hasil proyek telah dikerjakan.Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XI TKJ-2 SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI yang terdiri dari atas satu kelas dengan sampel penelitian berjumlah 13 orang.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik analisa data yang digunakan adalah model alur. Penelitian dilakukan dengan data siklus. Setiap siklus memiliki empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Siklus I diperoleh jumlah siswa yang tuntas sebanyak 9 orang dengan peresentase 69,23% dan rata-ratanya 71.92. Hasil observasi aktivitas guru diperoleh skor 2.9 dari skor maksimal 5. Hasil observasi aktivitas siswa diperoleh persentase skor 47.97%. Pada siklus II diperoleh jumlah siswa yang tuntas adalah 13 orang dengan persentase 100% dan rata-rata 81.15. Hasil observasi aktivitas guru diperoleh 4.3 dari skor maksimal 5. Hasil observasi aktivitas siswa diperoleh skor 65.58%.Dengan demikian dapat dilihat adanya peningkatan pemahaman dan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Menurut syarat dari penelitian tindakan kelas, jika persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal ≥ 80% telah mendapatkan nilai ≥ 70.00, maka penelitian tersebut dinyatakn berhasil. Begitu juga dengan aktivitas guru dan siswa terjadi peningkatan dari siklus I dan siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran Berbasis Proyek dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar membuat web dinamis tingkat lanjut di Kelas XI TKJ-2 SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: 621.3 Azm p
Keywords: Karakteristik Siswa;Penelitian;Indikator
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Cecilia Tampubolon
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18586

Actions (login required)

View Item View Item