EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING MENGGUNAKAN MEDIA PHET TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 40 MEDAN

Ginting, Fajrul Wahdi (2015) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING MENGGUNAKAN MEDIA PHET TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 40 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8136175005 COVER.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8136175005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8136175005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8136175005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8136175005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8136175005 TABLES.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8136175005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8136175005 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8136175005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8136175005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8136175005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir logis siswa yang menggunakan model pembelajaran inquiry training menggunakan media PhET (2) keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir logis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; dan (3) perbedaan keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir logis siswa yang menggunakan model pembelajaran Inquiry Training menggunakan media PhET dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII-E dan kelas VIII-B, dimana kelas VIII-E diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Training menggunakan media PhET dan kelas VIII-B dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes keterampilan proses sains berupa tes essay dan tes kemampuan berpikir logis berupa tes pilihan berganda. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains fisika yang menggunakan model pembelajaran Inquiry Training menggunakan media PhET berbeda dan menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, dan kemampuan berpikir logis siswa yang menggunakan model pembelajaran Inquiry Training menggunakan media PhET berbeda dan menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, serta terdapat perbedaan antara kemampuan berpikir logis dan keterampilan proses sains siswa yang menggunakan model pembelajaran Inquiry Training menggunakan media PhET dan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorBukit, Nurdin19640418199031003
Thesis advisorTurnip, Betty M.196301081987032002
Call Number: 500.071 Gin e
Keywords: Inquiry Training; Media PhET; Keterampilan Proses Sains; Kemampuan Berpikir Logis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Apr 2016 04:25
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1708

Actions (login required)

View Item View Item