MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGGAMBAR BENTUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DI KELAS VII-D SMP NEGERI 1 LIMA PULUH TAHUN AJARAN 2013/2014

Situmorang, Erwin Anto (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGGAMBAR BENTUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DI KELAS VII-D SMP NEGERI 1 LIMA PULUH TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 209151007 COVER.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 209151007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (828kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 209151007 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 209151007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 209151007 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 209151007 TABLES.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 209151007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 209151007 GRAPHIC.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 209151007 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 209151007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. NIM 209151007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 209151007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview

Abstract

Menggambar bentuk merupakan salah satu sub pokok bahasan pada mata pelajaran Seni Budaya di kelas VII SMP Negeri 1 Lima Puluh Kabupaten Batubara. Berdasarkan hasil observasi, penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan pembaharuan dalam meningkatkan kemampuan siswa yang semakin melemah. Tujuan peneliatian ini adalah ingin membuktikan kemampuan seni budaya siswa dalam menggambar bentuk dengan menerapkan metode pembelajaran Tutor Sebaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat perbaikan yang dilakukan dengan 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi/Pengamatan, dan Refleksi. Adapaun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-D SMP Negeri 1 Lima Puluh berjumlah 30 siswa dengan komposisi 16 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Hasil penelitian yang diperoleh dari observasi pada setiap siklus terdapat peningkatan, yaitu nilai rata-rata kelas Siklus Pertama mencapai 73,3 dengan siswa yang tuntas berjumlah 16 siswa (53%). Pada Siklus kedua nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 81,3 dengan peningkatan 8% dan siswa yang tuntas mencapai 27 siswa (90%).Berdasarkan keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Tutor Sebaya dapat meningkatkan kemampuan menggambar bentuk siswa kelas VII-D SMP Negeri 1 Lima Puluh Kabupaten Batubara Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTarigan, Nelson196104091987031001
Call Number: 743.071 2 Sit m
Keywords: Menggambar Fundamental; Melihat Langsung; Siswa Mengajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration
N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration > NC390 Study and teaching
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/16607

Actions (login required)

View Item View Item