PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT (PEMEROLEHAN KONSEP) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA BERDASARKAN CERPEN YANG DIBACA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Prastiwi, Sintia Fiky (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT (PEMEROLEHAN KONSEP) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA BERDASARKAN CERPEN YANG DIBACA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
208311115 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311115 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311115 PREFACE.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311115 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311115 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311115 TABLES.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311115 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311115 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311115 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311115 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311115 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Concept Attainment (Pemerolehan Konsep) terhadap kemampuan menulis naskah drama. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Medan tahun pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 322 orang. Sampel diambil secara acak yaitu kelas VIII-5 yang berjumlah 35 orang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan instrument tes esai. Dari pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Medan tahun pembelajaran 2014/2015 sebelum menggunakan model pembelajaran Concept Attainment (Pemerolehan Konsep) masuk ke dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 65,57 standar deviasi 8,96 sedangkan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Medan tahun pembelajaran 2014/2015 sesudah menggunakan model pembelajaran Concept Attainment (Pemerolehan Konsep) masuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 79,42 standar deviasi = 8,13. Dari uji data didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogeny. Setelah uji normalitas dan homogenitas,, didapatlah to sebesar 6,72. Setelah to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan dk = N-1 =35-1 = 34 diperoleh taraf signifikansi 5% = 2,03 karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 6,72 > 2,03 maka hipotesis diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas penerapan model pembelajaran Concept Attainment (Pemerolehan Konsep) terhadap kemampuan menulis naskah drama oleh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Medan tahun pembelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiregar, Rosdiana19590828 198601 2 001
Call Number: SK-2015 IND 147
Keywords: Model pembelajaran Concept Attainment; Menulis Naskah Drama;Cerpen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15630

Actions (login required)

View Item View Item