EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN APRESIASI DONGENG PADA SISWA KELAS VII SMP SWASTA PAHLAWAN MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012

Hasugian, Parman (2012) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN APRESIASI DONGENG PADA SISWA KELAS VII SMP SWASTA PAHLAWAN MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
05310613 COVER.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05310613 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05310613 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05310613 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05310613 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05310613 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05310613 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05310613 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05310613 BAB I.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05310613 BAB V.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05310613 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Model Problem Based Instruction (PBI) dalam meningkatkan kemampuan apresiasi dongeng. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen post-test only design group. Populasi penelitiann berjumlah 468 siswa kelas VII SMP Swasta Pahlawan Medan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 siswa yang dibagi atas dua kelas, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Masing-masing kelas diambil 36 siswa yang akan dijadikan sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling (acak kelas). Sehingga diperoleh sampel 36 orang di kelas eksperimen dan 36 orang di kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”.Dari hasil analisis data diketahui bahwa ada perbedaan antara Model Problem Based Instruction (PBI) pada siswa kelas VII SMP Swasta Pahlawan Medan. Model Problem Based Instruction (PBI) memiliki Mean=77,36, Standar Deviasi=7,21, Standar Error=1,22. Uji Normalitas Lhitung=0,13 < Ltabel=0,14. Homogenitas semua sampel=0,32. Standar Error perbedaan kedua mean Model Problem Based Instruction (PBI) dan Model Ekspositori=1,57. Maka dapat dihitung nilai t0=4,42, tt 5%=2,00 dan t 1%=2,65 karena t0 yang diperoleh lebih besar dari tt yaitu 2,00 < 4,42>2,65. Maka hipotesis nihil (H0) diterima. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran apresiasi dongeng dengan Model Problem Based Instruction (PBI) lebih efektif digunakan daripada Model Ekspositori.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSinurat, Tingkos196310011988031004
Thesis advisorRosmawaty, 196104201987032002
Call Number: 410.071 Has e
Keywords: problem based instruction; dongen; relevansi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15076

Actions (login required)

View Item View Item