PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Sari, Desi Mela (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM. 7122142011 COVER.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 7122142011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM. 7122142011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM. 7122142011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM. 7122142011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM. 7122142011 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM. 7122142011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM. 7122142011 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09.NIM. 7122142011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7122142011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7122142011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih tinggi daripada hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Direct Instruction pada materi pokok aktiva tetap siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 7 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan yang beralamat di Jl. STM No. 12 E Medan pada tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI Akuntansi sejumlah 181 siswa yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian yaitu kelas XI AK 1 dan XI AK 2 sejumlah 32 siswa untuk masing-masing kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar akuntansi adalah tes pilihan ganda berjumlah 20 soal. Sebelum tes diberikan pada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, taraf kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Dari hasil uji normalitas dengan menggunakan SPSS versi 18 diperoleh nilai Sig. pretest untuk kelas ekperimen dan kontrol lebih besar dari 0,05 yaitu 0,085 dan 0,64. Selanjutnya nilai Sig. posttest untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol lebih besar dari 0,05 yaitu 0,200 untuk masing-masing kelas, yang artinya nilai pretest dan posttest untuk kelas ekperimen dan kelas kontrol memiliki distribusi yang normal. Berdasarkan uji homogenitas pre-test yang dilakukan, diperoleh nilai Sig. pretest Based on Mean 0,124 > 0,05, sedangkan dari uji normalitas posttest diperoleh nilai Sig. posttest Based on Mean 0,346 > 0,05 yang berarti bahwa data pre-test dan data posttest yang diperoleh memiliki varian yang sama. Dari hasil uji hipotesis t test dengan menggunakan SPSS versi 18 diperoleh nilai sig. (2-tailed) adalah 0,001 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Direct Instruction pada siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 7 Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Effi Aswita19570923194032001
Call Number: SK-2016 AKT 075
Keywords: Hasil Belajar Akuntansi; Aktiva Tetap; Contextual Teaching and Learning.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 30 Aug 2016 02:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14903

Actions (login required)

View Item View Item