PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINKING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Sinaga, Artika Meilinda Widyaningsih (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINKING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7123142004 COVER.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7123142004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7123142004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7123142004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7123142004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7123142004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7123142004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7123142004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7123142004 BAB I.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7123142004 BAB V.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7123142004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan strategi pembelajaran higher order thinking lebih tinggi daripada hasil belajar akuntansi yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 11 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Medan yang beralamat di Jl. Pertiwi No. 93 Medan. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPS berjumlah 108 orang yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling melalui dua tahapan. Tahap pertama dari tiga kelas diambil dua kelas secara random yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 38 orang dan 34 orang. Tahap kedua dari setiap kelas diambil 30 orang sebagai sampel penelitian. Jadi yang menjadi sampel penelitian adalah 60 orang. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar akuntansi adalh tes pilihan ganda berjumlah 20 butir soal. Sebelum tes diberikan pada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran tes, dan daya pembeda tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Dari hasil uji hipotesis t test diperoleh nilai thitung sebesar 4,36, sedangkan ttabel sebesar 1,672 pada tingkat kepercayaan 95% dan � = 0,05 sehingga thitung > ttabel (4,36 > 1,672) artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan strategi pembelajaran higher order thinking lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar akuntansi yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori kelas XI IPS di SMA Negeri 11 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Effi Aswita19570923194032001
Call Number: SK-2016 AKT 079
Keywords: Hasil Belajar Akuntansi; Strategi Pembelajaran; Higher Order Thinking
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Aug 2016 08:10
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14881

Actions (login required)

View Item View Item