PENGARUH MASTERY LEARNING STRATEGY BERBANTU KARTU SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMAN 1 SIPOHOLON T.P 2015/2016

Malau, Martha (2016) PENGARUH MASTERY LEARNING STRATEGY BERBANTU KARTU SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMAN 1 SIPOHOLON T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7123142033 COVER.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 712314233 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7123142033 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7123142033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7123142033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7123142033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7123142033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7123142033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7123142033 BAB I.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7123142033 BAB V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7123142033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan Mastery Learning Strategy berbantu kartu soal lebih tinggi dari pada hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan Metode Ceramah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Sipoholon T.P 2015/2016 yang terdiri dari tiga kelas yaitu kelas XI IPS 1, IX IPS 2 dan XI IPS 3. Penentuan sampel dilakukan melalui teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan Mastery Learning Strategy berbantu kartu soal dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan nonrandomized control group pretest-posttest design. Sebelum memberikan perlakuan terlebih dahulu diberikan pretest terhadap kedua kelas. Kemudian posttest dilakukan setelah memberi perlakuan kepada kedua kelas. Untuk kelas eksperimen rata-rata hasil pretest adalah 42,6 dan rata-rata hasil posttest adalah 83. Rata-rata hasil posttest untuk kelas eksperimen telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) ≥ 70. Sedangkan untuk kelas kontrol rata-rata hasil pretest adalah 39 dan rata-rata hasil posttest adalah 68,2. Rata-rata hasil posttest untuk kelas kontrol belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) ≥ 70. Hasil Uji-t sampel independen rata-rata posttest pada taraf kepercayaan 95%, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan thitung > ttabel (4,068 > 1,678). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan Mastery Learning Strategy berbantu kartu soal lebih tinggi dari pada hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan Metode Ceramah siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Sipoholon T.P 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorZainal, Andri197711172005011002
Call Number: SK-2016 AKT 080
Keywords: Hasil Belajar Akuntansi; Mastery Learning Strategy Berbantu Kartu Soal; Metode Ceramah.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Aug 2016 07:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14872

Actions (login required)

View Item View Item