PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 10 MEDAN T.A 2015/2016

Sihombing, Juni Evi (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 10 MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7122141014_COVER.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7122141014_SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7122141014_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7122141014_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7122141014_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7122141014_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7122141014_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7122141014_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7122141014_BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7122141014_BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7122141014_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 7122141014_DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation dan Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IS SMA Negeri 10 Medan T.A 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 10 Medan Jalan Tilak No.108 Medan T.A 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IS yang berjumlah 110 orang siswa terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IS 1 sebagai kelas Eksperimen yang berjumlah 40 orang dan XI IS 2 sebagai kelas Kontrol yang berjumlah 40 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes hasil belajar dalam bentuk multiple choice sebanyak 22 butir soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil perhitungan tes hasil belajar dinyatakan dari 30 butir soal, 22 butir soal dinyatakan valid dan tes dinyatakan reliabel. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan dk (n1 + n2 – 2) pada taraf signifikansi 95% dan α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen= 45,34 dengan Standar Deviasi = 13,32 dan nilai rata-rata posttest siswa setelah menggunakan model pembelajaran Group Investigation dan Think Pair Share = 79,43 dengan Standar Deviasi = 11,91. Sedangkan nilai rata-rata pretest siswa kelas kontrol = 46,02 dengan Standar Deviasi = 16,67 dan nilai rata-rata posttest siswa menggunakan metode konvensional = 64,20 dengan Standar Deviasi = 15,03. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung < Ltabel) dan homogen (Fhitung < Ftabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung > ttabel (5,0099 > 1,994), yang berarti hipotesis dapat diterima antara variabel x dan Y pada taraf signifikan 95% atau alpha 0,05% dengan dk = N+N-2 =78. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Group Investigation dan Think pair Share Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IS 1 SMA Negeri 10 Medan T.A 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSibarani, Sahat195206261979031006
Call Number: SK-2016 EKO 046
Keywords: Model Pembelajaran Group Investigation;Think pair Share; Hasil Belajar Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Aug 2016 03:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14852

Actions (login required)

View Item View Item