PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA N 10 MEDAN T.P 2015/2016

Ani, Ana Putri (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA N 10 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7123141007_COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7123141007_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7123141007_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7123141007_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7123141007_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7123141007_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7123141007_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7123141007_BAB I.pdf - Published Version

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 7123141007_BAB V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7123141007_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hasil belajar ekonomi yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction lebih tinggi dibanding hasil belajar ekonomi yang diajar menggunakan model pembelajaran Numbered Heads together Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Medan T.P 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 10 Medan Jalan Tilak No.108 Medan T.A 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 228 orang siswa terdiri dari 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-3 sebagai kelas Eksperimen I yang berjumlah 35 orang dan X-5 sebagai kelas Eksperimen II yang berjumlah 35 orang, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purpose sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes untuk mengukur hasil belajar ekonomi yang berbentuk multiple choice. Tes dilakukan sebanyak 2 kali, yaitu di awal (pre-test) dan di akhir (post-test) penelitian. Sebelum tes diberikan kepada sampel sebenarnya, maka tes diuji coba terlebih dahulu sebanyak 20 soal. Hal ini dilakukan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Teknik analisa data sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data, yaitu uji normalitas dan uji homegenitas, hipotesis diuji menggunakan uji t dengan taraf signifikan 95% (α = 0,05). Hasil analisa data penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Instruction ( X = 85,57 dengan SD = 10,55) lebih tinggi dari hasil belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together ( X = 77,28 dengan SD = 12,02). Dari pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t pada tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05). Diperoleh bahwa thitung > ttabel (3,049 > 1,997) maka hipotesis diterima. Kesimpulannya adalah bahawa hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Instruction lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran Numbered Heads Together pada Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Medan T.A 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArwansyah, 196307121989031002
Call Number: SK-2016 EKO 054
Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Instruction dan Numbered Heads Together;Hasil Belajar Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Aug 2016 06:45
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14793

Actions (login required)

View Item View Item