PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS MAN 1 STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Husna, Maulida (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS MAN 1 STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7121141032 COVER.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.7121141032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 7121141032 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7121141032 PREFACE.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 7121141032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 7121141032 TABLE.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 7121141032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 7121141032 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 7121141032 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 7121141032 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 7121141032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yangt terjadi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Stabat adalah rendahnya hasil belaar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example dengan Pendekatan Scientific lebih tinggi daripada hasil belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan metode konvensional siswa kelas X IPS MAN 1 Stabat Tahun Pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Stabat Jalan Proklamasi No. 54 Stabat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS MAN 1 Stabat sebanyak 126 orang yang tersebar dalam 3 kelas. Sampel diambil secara Random Sampling sebanyak 60 orang yaitu dari kelas X IPS 1 sebanyak 30 orang dan X IPS 2 sebanyak 30 orang. Maka diperoleh siswa kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar ekonomi digunakan tes obyektif yang berbentuk tes pilihan ganda yang terdiri dari 5 pilihan jawaban (A,B,C,D,E) yang berjumlah 20 butir soal. Soal ini diambil dari buku pegangan guru ekonomi di sekolah tersebut sehingga soal sudah dianggap valid dan reliabel. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis digunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran Example Non Example dengan Pendekatan Scientific lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan metode konvensional. Dibuktikan dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa thitung 3,16 dan ttabel 1,67 pada taraf signifikansi 5% ( = 0,05) dan dk = 58. Maka thitung > ttabel (3,16 > 1,67) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Rata-rata kelas eksperimen sebesar 82,5 sedangkan kelas kontrol memiliki ratarata 66,66. Rata-rata hasil belajar ekonomi siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi 15,9 dari pada rata-rata hasil belajar ekonomi siswa kelas kontrol. Disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran Example Non Example dengan Pendekatan Scientific lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan metode konvensional kelas X IPS Madrasah Aliyah Negeri 1 Stabat Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Effi Aswita19570923194032001
Call Number: SK-2016 EKO 035
Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran;Metode Konvensional
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Aug 2016 02:51
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14772

Actions (login required)

View Item View Item