PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS DI SMA SWASTA SINAR HUSNI TAHUN PEMBELAJARAN. 2013/2014

Maulidin, Munawir (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS DI SMA SWASTA SINAR HUSNI TAHUN PEMBELAJARAN. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7093411091-COVER.pdf]
Preview
Text
7093411091-COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 7093411091-LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
7093411091-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview
[thumbnail of 7093411091-KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
7093411091-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 7093411091-ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
7093411091-ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of 7093411091-DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
7093411091-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 7093411091-DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7093411091-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 7093411091-DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7093411091-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 7093411091-BAB I.pdf]
Preview
Text
7093411091-BAB I.pdf - Published Version

Download (519kB) | Preview
[thumbnail of 7093411091-BAB V.pdf]
Preview
Text
7093411091-BAB V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 7093411091-DAFTAR PUSRTAKA.pdf]
Preview
Text
7093411091-DAFTAR PUSRTAKA.pdf - Published Version

Download (402kB) | Preview
[thumbnail of 7093411091-DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
7093411091-DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IS di SMA Swasta Sinar Husni. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan menggunakan strategi Problem Based Learning di kelas XI IS SMA Swasta Sinar Husni Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Sinar Husni yang beralamat di Jalan Veteran Pasar V Gang Utama Helvetia Medan Sumatera Utara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS yang berjumlah 41 orang siswa, dan objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan strategi Problem Based Learning. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui lembar observasi aktivitas siswa dan test hasil belajar akuntansi. Teknik analsis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif.Berdasarkan hasil analisis pada siklus I diperoleh hasil belajar yaitu 56,1% (23 siswa) memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 68,53, akan tetapi belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 70%. Oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil yang diperoleh di siklus II diperoleh hasil belajar yaitu 82,93% (34 siswa) memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 81,95 yang berarti telah melampaui indikator keberhasilan dan telah memenuhi kriteria KKM ≥70. sehingga penelitian berhenti di siklus II. Begitu juga dari lembar observasi aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 63,42%. Pada siklus I diperoleh hasil 19,51% siswa masuk dalam kategori aktif dan pada siklus II diperoleh hasil 82,93% siswa masuk dalam kategori aktif telah memenuhi kriteria skor ≥ 23 atau 71,87%. Berdasarkan uji signifikan, terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siklus I dan siklus II dimana thitung= 10,81 ttabel=2,02.Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan strategi Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS SMA Swasta Sinar Husni Tahun Pembelajaran 2013/2014

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 657.071 2 Mau p
Keywords: Model pembelajaran; Contextual teaching and learning; Problem based learning; Aktivitas belajar; Hasil belajar; Akuntansi.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 23 Aug 2016 02:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13793

Actions (login required)

View Item
View Item