PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN SNOWBALL DRILLING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK-3 SMK NEGERI 1 MEDAN T.P. 2012/2013

Sari, Lestia Indah (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN SNOWBALL DRILLING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK-3 SMK NEGERI 1 MEDAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 709141113 COVER.pdf]
Preview
Text
709141113 COVER.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 709141113 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
709141113 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (511kB) | Preview
[thumbnail of 709141113 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
709141113 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of 709141113 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
709141113 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 709141113 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
709141113 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 709141113 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
709141113 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 709141113 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
709141113 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 709141113 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
709141113 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of 709141113 BAB I.pdf]
Preview
Text
709141113 BAB I.pdf - Published Version

Download (611kB) | Preview
[thumbnail of 709141113 BAB V.pdf]
Preview
Text
709141113 BAB V.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 709141113 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
709141113 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK 3 SMK N 1 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division dengan Snowball Drilling di kelas X AK 3 SMK N 1 Medan Tahun Pelajaran 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Medan T.P 2012/2013 dengan subjek siswa kelas X AK 3 yang berjumlah 39 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan kolaborasi Student Teams Achievement Division dengan Snowball Drilling . Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif.Dari hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I terdapat 17 siswa (43,59%) yang termasuk dalam kriteria aktif dan sangat aktif dan mengalami peningkatan pada siklus II terdapat 31 siswa (79,48%) yang termasuk dalam kriteria aktif dan sangat aktif telah memenuhi kriteria penilaian ≥ 23 atau 71,87%. Dari hasil analisis data diperoleh data test sebelum penerapan 7 siswa (17,95%) yang tuntas dengan rata-rata nilai 64,62 sedangkan pada siklus I terdapat 23 siswa (58,97%) yang tuntas dengan rata-rata nilai menjadi 73,72 atau terjadi peningkatan sekitar 9,1 poin. Dan pada siklus II terdapat 35 siswa (89,74%) yang tuntas dengan rata-rata nilai menjadi 82,44 atau mengalami peningkatan 8,72 poin dari siklus I telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ≥ 75. Untuk pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t data berpasangan dengan dk = 39 - 1 = 38 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 8,89 dan ttabel = 2,024, sehingga thitung > ttabel (8,89 > 2,024). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division dengan Snowball Drilling pada Kompetensi Dasar Membukukan Jurnal Penyesuaian (AJP) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas X AK 3 SMK N 1 Medan Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 657.071 9 Sar p
Keywords: Kolaborasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Snowball Drilling, Aktivitas Belajar Akuntansi dan Hasil belajar Akuntansi.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 06 Oct 2016 04:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13489

Actions (login required)

View Item
View Item