PENERAPAN KOLABORASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL GROUP INVESTIGATION DENGAN PEER TUTORING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS2 SMA SWASTA YPK MEDAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Sari, Indah Permata (2012) PENERAPAN KOLABORASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL GROUP INVESTIGATION DENGAN PEER TUTORING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS2 SMA SWASTA YPK MEDAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
81277110014 COVER.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
81277110014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110014 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
81277110014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
81277110014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
81277110014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
81277110014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110014 BAB I.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110014 BAB V.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081277110014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa, melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran Group Investigation dengan Peer Tutoring di kelas XI IS 2 SMA Swasta YPK Medan tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta YPK Medan pada semester genap T.P 2011/2012 dengan subjek adalah siswa kelas XI IS 2 yang berjumlah 35 orang. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif Group Investigation dengan Peer Tutoring. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes belajar dan lembar observasi aktivitas siswa. Sedangkan teknik analisis data adalah reduksi data, sajian data, dan menarik kesimpulan berdasarkan reduksi data dan sajian data.Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I rata-rata ketuntasan aktivitas siswa hanya mencapai 42,86% (15 orang) dan pada siklus II ketuntasan aktivitas siswa mencapai 88,57% (31 orang) atau terjadi peningkatan sebesar 45,71%. Selanjutnya dari data nilai hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 66,42 dengan persentase ketuntasan belajar 62,86%. Selanjutnya pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 82,14 dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 88,57% ,serta meningkatkan hasil belajar akuntansi sebesar 25,71% dari persentase siklus I dan siklus II.Dalam hubungan aktivitas dan hasil belajar diperoleh rxy sebesar 0,87 yang berarti menunjukkan hubungan yang positif (tinggi) antara aktivitas dan hasil belajar. Dengan demikian diperoleh kontribusi aktivitas sebesar 75,7% dalam meningkatkan hasil belajar dan dengan menggunakan uji t menunjukkan peningkatan yang signifikan sebesar 5,25.Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan kolaborasi strategi pembelajaran model Group Investigation dengan Peer Tutoring dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS 2 pada standar kompetensi jurnal penyesuaian di SMA Swasta YPK Medan Tahun Pelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArwansyah, 196307121989031002
Call Number: 657.071 Sar p
Keywords: Model Pembelajaran kooperatif Group Investigation; Peer Tutoring; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12899

Actions (login required)

View Item View Item