PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMAN 9 MEDAN T.P. 2015/2016

Rumahorbo, Putri Sion (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMAN 9 MEDAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 4123121050 COVER.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02.NIM 4123121050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 4123121050 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 4123121050 PREFACE.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 4123121050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 4123121050 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 4123121050 TABLES.pdf - Published Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 4123121050 APPENDICS.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM 4123121050 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4123121050 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4123121050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMAN 9 Medan T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan two group pretest-posttest design dengan populasi seluruh siswa kelas X semester II SMAN 9 Medan yang terdiri dari 4 kelas dengan sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan jumlah siswa 35 orang dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional dengan jumlah siswa 35 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 pilihan jawaban yang telah dinyatakan valid oleh validator. Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 37,00 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 37,71. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas eksperimen sebesar 72,43 sedangkan siswa pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata postes siswa 60,57. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,539 > 1,669 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 68. Hal ini berarti Ha diterima, yang berarti ada pengaruh yang signifikan akibat penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMAN 9 Medan T.P. 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPangaribuan, Jonny H196409211989031003
Call Number: SK-2016 FIS 104
Keywords: Model Pembelajaran; Group Investigation; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Aug 2016 06:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12694

Actions (login required)

View Item View Item