PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL MENGGUNAKAN KOMPUTER BERBASIS CHEMO-EDUTAINMENT SEBAGAI ALAT BANTU PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI HIDROKARBON

Arami, Meysi (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL MENGGUNAKAN KOMPUTER BERBASIS CHEMO-EDUTAINMENT SEBAGAI ALAT BANTU PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4113131046 COVER.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131046 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131046 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131046 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131046 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131046 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131046 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131046 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131046 BAB I.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131046 BAB V.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4113131046 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa yang belajar dengan model pembelajaran PBL menggunakan komputer berbasis chemo-edutainment pada materi hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMAN 1 Tanjung Morawa, yang berjumlah 11 kelas dengan teknik random sampling (acak) dan masing–masing kelas terdiri atas 30 siswa. Pada kelas eksperimen diberi pengajaran dengan model pembelajaran PBL menggunakan komputer berbasis chemo-edutainment sebagai alat bantu pembelajaran dan pada kelas kontrol diberikan pengajaran dengan model pembelajaran PBL tanpa menggunakan komputer berbasis chemo-edutainment sebagai alat bantu pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 17 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung ≥ ttabel, yakni thitung = 2, 84 ttabel = 1,6723, artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran PBL dengan menggunakan komputer berbasis chemo-edutainment sebagai alat bantu pembelajaran lebih tinggi daripada dengan model pembelajaran PBL tanpa menggunakan komputer berbasis chemo-edutainment sebagai alat bantu pembelajaran pada materi hidrokarbon di kelas X SMAN 1 Tanjung Morawa. Selain itu, rata-rata hasil belajar yang diperoleh siswa di kelas eksperimen 87,6 dan kelas kontrol 82,4, sedangkan persentase peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 84,3% dan pada kelas kontrol sebesar 75,83%. Kata Kunci: PBL, komputer berbasis chemo-edutainment, hidrokarbon

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNurmalis, -195704271989032001
Call Number: SK-2015 KIM 054
Keywords: PBL; komputer berbasis chemo-edutainment; hidrokarbon
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12393

Actions (login required)

View Item View Item