PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROSES SAINS AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI FOTOSINTESIS DAN GERAK PADA TUMBUHAN DI KELAS VIII-B SMP SWASTA AN-NIZAM MEDAN T.P.2013/1014

Ritonga, Nurhayati (2014) PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROSES SAINS AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI FOTOSINTESIS DAN GERAK PADA TUMBUHAN DI KELAS VIII-B SMP SWASTA AN-NIZAM MEDAN T.P.2013/1014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa dan kemampuan proses sains siswa, dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri pada materi fotosintesis dan gerak pada tumbuhan. Subjek penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas VIII-B SMP Swasta An-nizam Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar biologi siswa. Hasil belajar biologi siswa pada siklus I dikatakan belum tuntas dengan persentase tingkat ketuntasan belajar siswa sebesar 43,33% sehingga di lanjutkan ke siklus II yang dikatakan telah tuntas dengan persentase tingkat ketuntasan belajar siswa sebesar sebesar 86,67%. Aktivitas belajar biologi siswa yang diamati pada saat pembelajaran mengalami peningkatan, aktivitas siswa pada siklus I 58,23% dan pada siklus II menjadi 69,64%. Sedangkan kemampuan proses sains siswa dengan menerapkan metode inkuiri pada siklus I 57,66% dan siklus II 78,27%. Maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan proses sains, aktivitas belajar dan hasil belajar biologi melalui penerapan metode inkuiri pada materi fotosintesis dan gerak pada tumbuhan di kelas VIII-B SMP swasta An-nizam Medan tahun pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorManurung, Rer.nat Binari196404041989031006
Call Number: 581.207 12 Rit p
Keywords: proses belajar mengajar; hasil belajar; metode inkuiri; peran guru; penemuan fotosintesis; gerak pada tumbuhan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11406

Actions (login required)

View Item View Item