PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT(TEAMS GAME AND TOURNAMENT) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HIDROKARBON

Sihite, Dewi Yuliana (2013) PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT(TEAMS GAME AND TOURNAMENT) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409431007 COVER.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431007 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431007 BAB I.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431007 BAB V.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT(Team Games and Tournament) menggunakan media peta konsep pada pokok bahasan Hidrokarbon di SMA Negeri 1 Deli Tua kelas X tahun ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Deli Tua yang berjumlah 8 kelas. Sampel penelitian ini sebanyak 2 (dua) kelas yaitu sebagai kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 yang diambil dengan cara sampling purposif. Kelas eksperimen 1 diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT menggunakan media peta konsep. Sementara kelas eksperimen 2 diajar dengan menggunakan model konvensional menggunakan media peta konsep. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe TGT menggunakan media peta konsep (82.059±6.527) lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional menggunakan media peta konsep (77.188±6.082). Analisis statistik menunjukan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan mengunakan media peta konsep lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dengan menggunakan media peta konsep (pengujian hipotesis dengan uji t satu pihak / pihak kanan diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 2.658> 1.658). Dengan melihat keberhasilan pengajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT menggunakan media peta konsep maka perlu diaplikasikan penelitian ini dalam pengajaran materi kimia lainnya ataupun diluar mata pelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNauli, Rahmat196606071991031001
Call Number: 547.010 712 Sih p
Keywords: karakteristik pembelajaran kimia; pembelajaran konvensional; model pembelajaran TGT; media peta konsep; atom karbon
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11144

Actions (login required)

View Item View Item