Sihite, Dewi Yuliana (2013) PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT(TEAMS GAME AND TOURNAMENT) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
409431007 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
409431007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
409431007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
409431007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
409431007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409431007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
409431007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
409431007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409431007 BAB I.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
409431007 BAB V.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
409431007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT(Team Games and Tournament) menggunakan media peta konsep pada pokok bahasan Hidrokarbon di SMA Negeri 1 Deli Tua kelas X tahun ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Deli Tua yang berjumlah 8 kelas. Sampel penelitian ini sebanyak 2 (dua) kelas yaitu sebagai kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 yang diambil dengan cara sampling purposif. Kelas eksperimen 1 diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT menggunakan media peta konsep. Sementara kelas eksperimen 2 diajar dengan menggunakan model konvensional menggunakan media peta konsep. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe TGT menggunakan media peta konsep (82.059±6.527) lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional menggunakan media peta konsep (77.188±6.082). Analisis statistik menunjukan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan mengunakan media peta konsep lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dengan menggunakan media peta konsep (pengujian hipotesis dengan uji t satu pihak / pihak kanan diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 2.658> 1.658). Dengan melihat keberhasilan pengajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT menggunakan media peta konsep maka perlu diaplikasikan penelitian ini dalam pengajaran materi kimia lainnya ataupun diluar mata pelajaran lainnya.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | 
|---|---|
| Additional Information: | 547.010 712 Sih p | 
| Keywords: | karakteristik pembelajaran kimia; pembelajaran konvensional; model pembelajaran TGT; media peta konsep; atom karbon | 
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry | 
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia | 
| Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus | 
| Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 | 
| Last Modified: | 29 Aug 2016 09:41 | 
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11144 | 
