PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BABALAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Lubis, Faisal Asri (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BABALAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409341020 COVER.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341020 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341020 BAB I.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341020 BAB V.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341020 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar biologi materi pencemaran lingkungan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Babalan Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Babalan yang berjumlah tujuh kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster sampling, kemudian diambil dua kelas sebagai sampel. Kelas X3 dengan jumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X4 dengan jumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Kelas Eksperimen diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol dengan pembelajaran metode ceramah. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes yang terdiri dari 30 soal berbentuk pilihan berganda, yang diberikan sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai postes untuk kelas eksperimen lebih tinggi yakni 81,481 dibandingkan dengan kelas kontrol yakni 77,778. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa thitung > ttabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSuriani, Cicik196606101991032002
Call Number: 577.107 12 Asr p
Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Keterampilan Berpikir; Keterampilan Pemecahan Masalah; Pencemaran Dan Perubahan Lingkungan
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11026

Actions (login required)

View Item View Item