PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROSES ORIENTASI INKUIRI TERBIMBING (POGIL) DENGAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI

Matondang, Silvia Elastari (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROSES ORIENTASI INKUIRI TERBIMBING (POGIL) DENGAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409431034 COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431034 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431034 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431034 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431034 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431034 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431034 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431034 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431034 BAB I.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431034 BAB V.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409431034 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran POGIL dengan media powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi di SMA Negeri 1 Batang Angkola. Strategi pembelajaran Proses Orientasi Inkuiri Terbimbing merupakan suatu rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis dan analitis, sehingga mereka dapat merumuskan sendiripenemuannya dengan penuh percaya diri.Dengan menerapkan strategi pembelajaran POGIL dengan Media powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan laju reaksi sebesar 78% lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran konvensional sebesar 64%. Maka peningkatan hasil belajar siswa sebesar 14%. Analisa statistik menunjukkan bahwa pengaruh pembelajaran POGIL dengan media powerpoint lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional (pengujian hipotesis dengan uji t satu pihak/pihak kanan) diperoleh harga thitung > ttabel atau 7,269 >1,672 dengan taraf signifikan 5% (α= 0,05)Berdasarkan keberhasilan pengajaran menggunakan strategi pembelajaranPOGIL dengan media powerpoint maka perlu diaplikasikan lebih lanjut dalampengajaran materi kimia atau mata pelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorEddiyanto, 196704251994031012
Call Number: 541.390 71 Mat p
Keywords: Hasil Belajar; Strategi Pembelajaran POGIL; Tingkatan-tingkatan; Konvensional; Media; Laju Reaksi; Persamaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10937

Actions (login required)

View Item View Item