PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMAN 1 DOLOK BATU NANGGAR T.P. 2013/2013

Novita, Deska (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMAN 1 DOLOK BATU NANGGAR T.P. 2013/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409121016 COVER.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121016 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121016 DAFATR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121016 BAB I.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121016 BAB V.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409121016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajarmenggunakan model pembelajaran inquiry training dengan pembelajarankonvensional pada materi pokok suhu dan kalor kelas X di SMAN 1 Dolok BatuNanggar T.P 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan melibatkan dua kelas yang diberi perlakuan yang berbeda.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Dolok Batu Nanggar yang terdiri dari 10 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas X-7 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-8 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2 buah, yaitu teshasil belajar dan lembar observasi aktivitas. Tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah di validkan oleh 3 orang validator dan instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktifitas belajar siswa pada pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran inquiry training. Pengujian hipotesis menggunakan uji kesamaan rata-rata atau uji t. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen41,53, dan nilai rata-rata kelas pretes kelas kontrol 37,64. Pada pengujiannormalitas diperoleh pada kelas eksperimen denganLhitung= 0,1390 dan Ltabel=0,1476 sehingga Lhitung<Ltabeldata berdistribusi normal. Pada pengujian normalitas diperoleh pada kelas kontrol Lhitung = 0,1277 dan Ltabel= 0,1476 sehingga Lhitung<Ltabeldata berdistribusi normal. Pada pengujian homogenitas kedua kelasFhitung= 1,20 dan Ftabel= 1,72 sehingga Fhitung<Ftabelyang berarti bahwa sampel yang digunakan dalam penelitian ini dinyatakan homogen atau dapat mewakili seluruh populasi yang ada.Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 69,31dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 63,06 dengan. Taraf keseluruhan aktivitas belajar siswa kelas ekksperimen adalah 64,11% termasukkategori aktif. Hasil uji kesamaan rata-ratapretes menunjukanthitung = 1,18 dan ttabel= 1,996 sehingga thitung <ttabel, dengan kata lain kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah sama dan hasil uji kesamaan rata-rata postes menunjukan hitung= 2,13 dan ttabel = 1,996 sehingga thitung >ttabel ,dengan kata lain bahwa ada perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran inquiry training dengan pembelajaran konvensional pada materi pokok Suhu dan Kalor di SMAN 1 Dolok Batu Nanggar T.P 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHakim, Abd.196407311991031001
Call Number: 536.107 12 Nov p
Keywords: Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Model Pembelajaran; Inquiry Trainning; Suhu; Kalor; Perpindahan Kalor
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10807

Actions (login required)

View Item View Item