PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TIPE THINK PAIR SHARE NEGERI 2 BERASTAGI T.P. 2012/2013

Manalu, Emilia (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TIPE THINK PAIR SHARE NEGERI 2 BERASTAGI T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409141022 COVER.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409141022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409141022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409141022 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409141022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409141022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409141022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409141022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409141022 BAB I.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409141022 BAB V.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409141022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model Jigsaw dengan TPS pada materi pokok Ekosistem di kelas VII SMP N 2 Berastagi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dimana populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Berastagi yang terdiri dari tujuh kelas dengan jumlah siswa 210 orang. Pengambilan sampel secara random(random sampling) dan didapat dua kelas sebagai sampel yaitu kelas VII-3 dan VII-4 yang berjumlah 76 orang. Kelas VII-3 diajarkan dengan model Jigsaw dan VII-4 dengan model TPS. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan berganda yang berjumlah 25 buah yang digunakan sebagai soal pre-test dan post-test. Rata-rata hasil belajar yang didapatkan untuk kelas Jigsaw sebasar 76,86 lebih tinggi dibanding kelas TPS yaitu sebesar 70,66 sehingga terdapat perbedaan nilaisebesar 6,2%. Ketuntasan yang didapatkan siswa untuk kelas Jigsaw sebesar 62,%dan untuk kelas TPS sebesar 35,8%.Uji prasyarat analisis data menunjukkan bahwa data hasil penelitian berdistribusi normal dan kedua kelas sampel memiliki kesamaan varians (homogen). Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t menghasilkan thitung = 2,60 dan ttabel=1,993 dengan dk=74 dan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan kriteria Ho diterima jika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimatupang, Zulkifli196605161992031001
Call Number: 577.071 Man p
Keywords: Belajar; Kooperatif Tipe Jigsaw; Ekosistem; Abiotik; Organisme
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10763

Actions (login required)

View Item View Item