Harahap, Rizky Mulia Sari (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI FLASH DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
408331043 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
408331043 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
408331043 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
408331043 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
408331043 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
408331043 DAFATAR TABEL.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
408331043 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
408331043 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
408331043 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
408331043 BAB I.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
408331043 BAB V.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
408331043 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan Media Animasi Flash dalam pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achiement Division (STAD) terhadap peningkatan hasil belajar kimia pada materi sistem Koloid di SMA Negeri 8 Medan pada kelas XI IPA semester genap tahun ajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Medan. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling yakni 2 kelas dimana kelas eksperimen I dibelajarkan dengan STAD dengan Media animasi flash dan kelas eksperimen II dibelajarkan dengan STAD tanpa Media animasi flash. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 25 soal yang telah teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai Gain belajar kimia kelas eksperimen I 0,6344±0,1300 lebih baik dibandingkan pada kelas eksperimen II diperoleh rata-rata 0,5342±0,1004.. Peningkatan Hasil belajar kedua kelas eksperimen diuji beda dengan uji t satu pihak diperoleh thitung > ttabel (3,5035 > 1,6698) sehingga Ha diterima berarti Peningkatan hasil belajar kimia dengan menggunakan Media Animasi Flash lebih baik daripada peningkatan hasil belajar kimia tanpa menggunakan Media Animasi Flash dalam pembelajaran Kooperatif tipe STAD .Maka dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran STAD dengan Media Animasi Flash memberikan Peningkatan hasil belajar yang lebih baik dari pada pembelajaran STAD tanpa Media Animasi Flash. Dan Peningkatan atau persentase gain hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen I sebesar 63,44% sedangkan untuk kelas eksperimen II sebesar 53,42%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Har p |
Keywords: | Media; Komputer; Flash |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Rini Arianti |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 06:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9981 |