Silaban, Duma Risma (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DAN SNOWBALL THROWING DALAM PEMBELAJARAN HIDROKARBON DI MAN 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
408131045 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
408131045 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
408131045 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
408131045 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
408131045 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
408131045 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
408131045 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
408131045 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
408131045 BAB I.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
408131045 BAB V.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
408131045 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
408131045 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan mengetahui pengaruh penerapan koaborasi model pembelajaran Quantum Teaching dengan Snowball Throwing terhadap peningkatan hasi belajar siswa kelas X MAN 1 MEDAN. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 MEDAN. Sampel penelitian sebanyak dua kelas yang diambi secara purposive sampling , dimana kelas eksperimen dengan penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Snowball Throwing dan kelas kontrol dengan penerapan model pembelajaran konvensional. Instrument yang digunakan pada penelitian adalah tes objektif 20 soal dari 40 soal yang telah diuji validitasnya. Data penelitian diawali dengan uji normalitas pada kedua kelas dan dianjutkan dengan uji homogenitas. Dengan data yang normal dan homogen diakukan uji statistik dengan uji t (uji pihak kanan) pada tariff signifikan α = 0.05 diperoleh, thitung > ttabel (21,30 > 1,697) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa peningkatan hasil belajar kimia siswa dengan penerapan model pembelajaran kolaborasi Quantum Teaching dan Snowball Throwing pada pembelajaran Hidrokarbon lebih tinggi dari pada penerapan model pembelajaran konvensional. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 41.02 lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar kontrol, yaitu 25.26. peningkatan hasil belajar kelas eksperimen adalah 40% dan kelas kontrol adalah 24%. Jadi perbedaan peningkatan hasil belajar kedua kelas sebesar 16%. Begitu juga dengan aktivitas di kelas, berdasarkan data yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas, didapat bahwa terdapat korelasi atau hubungan antara aktivitas dan hasil belajar sis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Kimia; Dasar |
Keywords: | Belajar; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9975 |