Humairoh, Bikril (2012) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI GAYA DI KELAS VIII SEMESTER I SMP NEGERI 27 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
408321007 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
408321007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
408321007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
408321007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
408321007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
408321007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
408321007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
408321007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
408321007 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
408321007 BAB I.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
408321007 BAB V.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
408321007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung dengan model pembelajaran konvensional pada materi gaya di kelas VIII SMP Negeri 27 Medan T.P 2012/2013 dan aktivitas belajar siswa saat menggunakan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 27 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Cluster random sampling, kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 30 orang dan kelas kontrol berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 15 soal dan lembar observasi aktivitas siswa.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 28,2 dengan standar deviasi 9,5 dan nilai rata-rata kelas kontrol 28 dengan standar deviasi 12,06. Berdasarkan hasil uji normalitas dan uji homogenitas pada data hasil tes kedua kelompok tersebut diperoleh bahwa data kedua sampel normal dan homogen. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran langsung sebesar 76,4 dengan standar deviasi 9,7 dan pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 67,11 dengan standar deviasi 8,56. Selanjutnya, berdasarkan analisis uji-t satu pihak diperoleh thitung = 3,884 sedangkan untuk ttabel = 1,671 sehingga thitung > ttabel. Oleh karena itu Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, sehingga dapat disimpulkan bahwa Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung dengan pembelajaran konvensional pada materi Pengukuran di kelas VIII Semester I di SMP Negeri 27 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Hum p |
Keywords: | Hasil Belajar Siswa; Konvensional; Gaya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Depositing User: | Mrs Rini Arianti |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 06:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9967 |