Situmorang, Welman (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN FIRE-UP TERHADAPHASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GETARANDAN GELOMBANG DI KELAS VIII SEMESTER IISMP NEGERI 2 LUMBANJULU T.P. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
071244220047 COVER.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
071244220047 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
071244220047 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
071244220047 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
071244220047 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
071244220047 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
071244220047 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
071244220047 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
071244220047 BAB I.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
071244220047 BAB V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
071244220047 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
Abstract
Untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa peneliti menggunakan strategi pembelajaran FIRE-UP yang dapat membiasakan siswa untuk aktif dalam belajar di sekolah maupun diluar sekolah dan melatih siswa untuk bekerja sama didalam tim atau kelompok belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran FIRE-UP terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok getaran dan gelombang di kelas VIII semester II SMP Negeri 2 Lumbanjulu T.P 2011/2012.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII Semester II SMP Negeri 2 Lumbanjulu T.P 2011/2012 yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu pertama tes hasil belajar yang dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal yang terdiri dari 4 pilihan jawaban yang telah dinyatakan valid dengan strategi pembelajaran FIRE-UP dan lembar aktifitas belajar. Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 33,50 sedangkan nilai rata-rata pretes kelas kontrol adalah 31,50. Setelah diberikan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen dengan strategi pembelajaran FIRE-UP sebesar 71,66 sedangkan nilai rata-rata postes siswa pada kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional sebesar 65,16. Hasil pengamatan di kelas menunjukkan ada peningkatan aktivitas siswa yang cukup berarti dari pertemuan I hingga pertemuan III yaitu dengan rata-rata 69.1, 73.3, 75.3. Hasil uji-t diperoleh thitung = 2,41 dan ttabel = 1,671 pada taraf signifikansi  = 0,05 dan dk = (30+30
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sit p |
Keywords: | Fire- Up; Getaran; Gelombang; Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 04:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9939 |