Bungaran, Satria (2012) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN (MIND MAP) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GAYA DAN HUKUM NEWTON DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 2 GEBANGT.P 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
071244210084 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
071244210084 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
071244210084 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
071244210084 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
071244210084 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
071244210084 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
071244210084 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
071244210084 BAB I.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
071244210084 BAB V.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
071244210084 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode peta pikiran (mind mapping) terhadap hasil belajar siswa dengan metode peta pikiran (mind mapping) pada materi pokok gaya dan hukum newton kelas VIII semester II di SMP Negeri 2 Gebang T.A. 2011/2012.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap yang terdiri dari 4 kelas kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas secara acak yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk essai dengan jumlah 15 soal.Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 44, 07 dengan standar deviasi 9, 95, dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 44, 97 dengan standar deviasi 8, 86. Pada pengujian normalitas diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0, 1188 dan Ltabel = 0, 1383, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0, 1308 dan Ltabel = 0, 1484, sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1, 261 dan Ftabel = 1, 710, sehingga Fhitung < Ftabel, maka kedua tabel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan metode peta pikiran (mind mapping) dan kelas kontrol tanpa metode peta pikiran (mind mapping). Setelah pembelajaran selesai diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 67, 02 dengan standar deviasi 9, 81 dan kelas kontrol 50, 28 dengan standar deviasi 11, 24. Hasil uji t diperoleh thitung = 7.033 dan ttabel = 1, 671 sehingga thitung > ttabel (7, 033 > 1, 671) maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Gaya dan Hukum Newton Dengan Menggunakan Metode Peta Pikiran Lebih Baik daripada Hasil Belajar Siswa Tanpa Menggunakan Metode Peta Pikiran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Bun p |
Keywords: | Belajar; Pembelajaran; Koperatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 02:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9937 |