Silaban, Salam Bahagia (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DENGAN ANIMASI VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GETARAN DAN GELOMBANG DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 2 BERASTAGIT.P 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
408121089 COVER.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
408121089 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
408121089 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
408121089 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
408121089 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
408121089 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
408121089 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
408121089 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
408121089 BAB I.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
408121089 BAB V.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
408121089 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui hasil belajar siswa dengan Model Pembelajaran Learning Cycle dengan animasi visual dan Model Pembelajaran Konvensional pada materi pokok Getaran dan Gelombang di Kelas VIII Semester II SMP Negeri 2 Berastagi T.P 2011/2012. 2) Mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan Model Pembelajaran Learning Cycle dengan animasi visual pada materi pokok Getaran dan Gelombang di Kelas VIII Semester II SMP Negeri 2 Berastagi T.P 2011/2012. 3) Mengetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle dengan animasi visual terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Getaran dan Gelombang di Kelas VIII Semester II SMP Negeri 2 Berastagi T.P 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Berastagi yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas VIII1 yang terdiri dari 32 siswa sebagai kelas eksperimen dengan Model Pembelajaran Learning Cycle dengan animasi visual dan kelas VIII2 yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas kontrol dengan Model Pembelajaran Konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan empat pilihan jawaban, yang telah dinyatakan valid oleh validator, dan 2) instrumen observasi aktivitas belajar siswaDari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 25,16 dan 24,00 dengan standar deviasi masing-masing 6,78 dan 6,87. Data pretes kedua kelas sampel terdistribusi normal dan homogen. Setelah diberikan perlakuan pada masing-masing kelas sampel diperoleh rata-rata nilai postes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 72,19 dan 64,00 dengan standar deviasi masing-masing 11,90 dan 10,78. Data postes kedua kelas sampel terdistribusi normal dan homogen. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,83 > 1,67 pada taraf signifikansi α = 0,05. Dari data yang diperoleh maka Ha diterima yang berarti ada Pengaruh yang signifikan dari penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle dengan animasi visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Getaran dan Gelombang di Kelas VIII Semester II SMP Negeri 2 Berastagi T.P 2011/2012.Aktivitas siswa selama pembelajaran dengan Model Pembelajaran Learning Cycle memiliki rata-rata aktivitas belajar 68,34% kategori aktif, artinya siswa berperan aktif selama proses belajar mengajar berlangsung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Sil p |
Keywords: | Media, Validitas Tes; Visual |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 04:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9935 |