Manurung, Jeniusman Binartua (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PICTORIAL RIDDLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGUKURAN DI KELAS X SEMESTER I SMA SWASTA METHODIST LUBUK PAKAM T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408321031 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
408321031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
408321031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
408321031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
408321031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
408321031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
408321031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
408321031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
408321031 BAB I.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
408321031 BAB V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
408321031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis pictorial riddle terhadap hasil belajar siswa pada materi pengukuran di kelas X Semester I SMA Swasta Methodist Lubuk Pakam T.A. 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Methodist Lubuk Pakam T.P. 2012/2013, yang terdiri dari 4 kelas dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang diambil secara cluster random sampling, sebagai kelas eksperimen yaitu kelas X-3 dan sebagai kelas kontrol yaitu kelas X-4 dengan jumlah siswa tiap kelas sebanyak 45 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 pilihan jawaban. Dari hasil analisis data pada kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri berbasis pictorial riddle diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 41,89 dengan standar deviasi 11,19, dan nilai rata-rata postest sebesar 74,67 dengan standar deviasi 8,21. Sedangkan pada kelas kontrol yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 42,67 dengan standar deviasi 11,56, dan nilai rata-rata postest sebesar 64,44 dengan standar deviasi 8,67. Kedua sampel penelitian ini berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t nilai postes kedua sampel diperoleh thitung sebesar 5,74 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 88 dan harga ttabel sebesar 1,99. Dengan membandingkan antara thitung dan ttabel diperoleh thitung > ttabel atau 5,74 > 1,99, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis pictorial riddle terhadap hasil belajar siswa pada materi pengukuran di kelas X SMA Swasta Methodist Lubuk Pakam T.A. 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Man p |
Keywords: | Besaran; Satuan; Angka; Ketidakpastian |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 01:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9923 |