Hardianti, Tuti (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (GENERATIVE LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CAHAYA DI KELAS VIII SEMESTER II SMP N 1 AIR JOMAN T.A. 2011/ 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
408321055 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
408321055 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (0B)
408321055 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
408321055 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
408321055 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
408321055 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
408321055 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
408321055 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
408321055 BAB I.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
408321055 BAB V.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
408321055 (DAFTAR PUSTAKA).pdf - Published Version
Download (0B)
408321055 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (0B)
Abstract
Pembelajaran generatif (Generative Learning) adalah suatu model yang berpusat pada siswa di mana siswa aktif berpartisifasi dalam proses belajar dan dalam proses mengkontruksi makna dari informasi yang ada di sekitarnya berdasarkan pengetahuan awal dan pengalaman yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Generatif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII Semester II pada materi pokok Cahaya di SMP Negeri 1 Air Joman T.A. 2011/2012.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen two group pretest postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Air Joman yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran generatif dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol, dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2 buah, yaitu tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas. Tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 15 soal dengan 4 option yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Hipotesis yang digunakan adalah uji t.Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 44,3 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 42,9. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas dengan pembelajaran Generatif sebesar 70,8 sedangkan siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes siswa 64,7. Begitu juga dengan hasil pengamatan aktifitas siswa selama proses pembelajaran pada kelas dengan model pembelajaran generatif diperoleh rata-rata 65,7% dengan kategori cukup baik. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung = 2,40 dan ttabel = 1,67, sehingga thitung > ttabel (2,40 >1,67) maka H diterima, dengan demikian diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran generatif lebih besar dibandingkan hasil belajar siswa pada pembelajaran konvensional, maka pembelajaran generatif dikatakan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok cahaya di kelas VIII semester II SMPN 1 Air Joman T.A. 2011/2012 .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Har p |
Keywords: | Cermin; Datar; Lengkung; Prisma; Lensa |
Subjects: | Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 06:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9916 |