Harahap, Fitriani (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN PENGUKURAN KELAS VII SEMESTER I MTS N 2 MEDAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408121051 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
408121051 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (528kB) | Preview
408121051 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (644kB) | Preview
408121051 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
408121051 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
408121051 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
408121051 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
408121051 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
408121051 BAB I.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
408121051 BAB V.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
408121051 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran inquiry training pada materi pokok suhu dan pengukuran kelas VII Semester I MTs Negeri 2 Medan T.P 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII semester ganjil yang terdiri dari 9 kelas berjumlah 360 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 9 kelas secara acak yaitu kelas VII-5 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Inquiry Training dan kelas VII-6 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 34,875 dengan standar deviasi 11,17, dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 33,5 dengan standar deviasi 11,99. Pada pengujian normalitas untuk pretes diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,121 dan Ltabel = 0,1401, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,0733 dan Ltabel = 0,1401, sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,15 dan Ftabel = 1,69, sehingga Fhitung < Ftabel, maka kedua tabel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 70,375 dengan standar deviasi 11,67 dan kelas kontrol 63,125 dengan standar deviasi 13,33. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 60,92 termasuk kategori aktif. Hasil uji t diperoleh thitung = 2,58 dan ttabel = 1,994 sehingga thitung > ttabel (2,58 > 1,994) maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry Training pada materi pokok Suhu dan Pengukuran kelas VII Semester I MTs Negeri 2 Medan T.P 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Har p |
Keywords: | Konvesional; Validitas; Daya; Pembeda |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 07:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9904 |