Wahyuni, Sri (2012) PENERAPAN METODE PERMAINAN DENGAN TEKNIK JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN BILANGAN ASLI DI KELAS IV SD NEGERI 098024 PP. MARIHAT KEC. UJUNG PADANGSIMALUNGUN T.A 20012/20013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408311049 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
408311049 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
408311049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
408311049 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
408311049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
408311049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (749kB) | Preview
408311049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
408311049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
408311049 BAB I.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
408311049 BAB V.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
408311049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (544kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengatasi kesulitan siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami konsep perkalian bilangan asli pada siswa kelas IV SD Negeri 098024 PP. Marihat Kec. Ujung Padang Simalungun.
Pennasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan dan prestasi belajar siswa di bidang matematika pada pokok bahasan perkalian bilangan asli,
siswa menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit, siswa belajar dengan menghafal bukan dengan pemahaman. keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran masih kurang, metode pembelajaran yang tidak sesuai dengan tujuan materi pembelajaran, siswa Sekolah Dasar mengalami kesulitan dalam
memahami konsep perkalian bilangan asli. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SO Negeri 098024 PP.
Marihat Kec. Ujung Padang Simalungun semester ganjil yang berjumlah 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode pennainan dengan Teknik Jarimatika pada materi perkalian bilangan asli. Penerapan metode pennainan dengan teknjk jarimatika dalam mengatasi kesulitan dan meningkatkan pemahaman konsep perkalian bilangan asli diketahui dari kemampuan siswa mengerjakan soal perkalian sebelum dan sesudah proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari pemberian tindakan
dengan metode pennainan teknik jarimatika pada siklus I dan siklus II diperoleh tingkat rata-rata siswa pada tes awal 50, 73dengan ketuntasan 23,33%, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 62,67 dengan ketuntasan 50,00% menjadi meningkat. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 76,07 dengan ketuntasan 83,33% menjadi meningkat. Dengan melihat keberhasilan pengajaran menggunakan metode pennainan
jarimatika dalam pengajaran perkalian bilangan asli, maka.perl~aplikasi metode pennainan ini dalam pengajaran materi lain atau untuK pengajaran materi pelajaran bidang studi lain di luar mata pelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Wah p |
Keywords: | permainan; kusulitan; mengajar; teknik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 08:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9858 |