Manik, Asriati (2012) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH MENGGUNAKAN MEDIA HANDOUT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4104131003 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4104131003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4104131003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4104131003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4104131003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4104131003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
4104131003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
4104131003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4104131003 BAB I.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
4104131003 BAB V.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
4104131003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Make a Match berbasis media handout terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Hidrokarbon di SMA Swasta Methodist-8 Medan kelas X IPA tahun ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Swasta Methodist-8 Medan. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yang masing-masing terdiri dari 30 siswa. Kelas XA sebagai kelas eksperimen dan kelas XB sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diajarkan dengan penerapan model pembelajaran Make a Match menggunakan handout, dan kelas kontrol diajarkan dengan konvensional menggunakan handout. Instrumen yang digunakan yaitu tes prestasi belajar sebanyak 20 test yang valid dan reliabilitas 0,607. Hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Hidrokarbon. Dari hasil ujit-t pada taraf signifikansi α = 0,05dengan kriteria pengujian adalah uji pihak kanan dimana daerah kritis berada pada t > tα , diperoleh t hitung 8,78 dan ttabel = 1,706. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel maka Ha diterima dengan persen peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen naik menjadi 70,84 % kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make a Match menggunakan handout berpengaruh dalam peningkatan hasil belajar siswa di SMA pada pokok bahasan hidrokarbon.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Man p |
Keywords: | Belajar; Unsur; Hipotesis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 02:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9851 |