Siregar, Tetty S (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KINEMATIKA GERAK LURUS DI KELAS X SEMESTER I SMA N 1 HABINSARAN TA 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408121098_COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
408121098_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
408121098_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
408121098_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
408121098_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
408121098_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
408121098_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
408121098_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
408121098_BAB I.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
408121098_BAB V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
408121098_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Kinematika Gerak Lurus di kelas X Semester 1 SMA Negeri 1 Habinsaran T.A. 2012/2013.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas kelas X SMA Negeri 1 Habinsaran T.A.2012/2013 yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas X1 yang terdiri dari 38 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle dan kelas X2 yang terdiri dari 34 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 15 soal dengan 5 pilihan jawaban, yang telah dinyatakan valid oleh tiga orang dosen fisika sebagai validator, dan instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle.
Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 32,98 dan 32,55, dan standar deviasi masing-masing 9,03 san 9,10. Berdasarkan uji t dua pihak diperoleh thitung < ttabel yaitu 0,20 < 2,02. Dari data yang diperoleh maka kemampuan awal siswa kedua kelas sama. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 74,91 dan 63,33, dengan standar deviasi masing-masing 10,92 dan 11,52. Berdasarkan uji t satu pihak diperoleh hasil pengujian hipotesis thitung > ttabel yaitu 5,41 > 1,69 pada taraf signifikansi α = 0,05. Dari data yang diperoleh maka Ha diterima yang berarti ada Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Kinematika Gerak Lurus di Kelas X SMA Negeri 1 Habinsaran T.A.2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Sir p |
Keywords: | Jarak; Kecepatan; Kelajuan; Baraturan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 03:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9843 |