Rambe, Dayuani (2012) PENGARUH HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TYPE NHT DAN MODEL KONVENSIONAL PADA MATERI POKOK BESARAN DAN SATUAN DI KELAS VII SMP N 10 MEDAN TP 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408321012 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
408321012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
408321012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
408321012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
408321012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
408321012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
408321012 BAB I.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
408321012 BAB V.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
408321012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
408321012 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif learning type NHT dengan model pembelajaran konvensional pada materi pokok Besaran dan Satuan di kelas VII SMP Negeri 10 Medan T.P 2012/2013 dan aktivitas belajar siswa saat menggunakan model pembelajaran kooperatif learning type NHT.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 10 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling seadanya yaitu ditentukan oleh kebijakan sekolah, kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 38 orang dan kelas kontrol berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal dan lembar observasi aktivitas siswa.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 45,0 dengan standar deviasi 16,0 dan nilai rata-rata kelas kontrol 39 dengan standar deviasi 12,0. Berdasarkan hasil uji normalitas dan uji homogenitas pada data hasil tes kedua kelompok tersebut diperoleh bahwa data kedua sampel normal dan homogen. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif learning type NHT sebesar 76,0 dengan standar deviasi 11 dan pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 64,0 dengan standar deviasi 15. Selanjutnya, berdasarkan analisis uji-t satu pihak diperoleh thitung = 6,649 sedangkan untuk ttabel = 1,998 sehingga thitung > ttabel . Oleh karena itu Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif learning type NHT dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, sehingga dapat disimpulkan bahwa Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif learning type NHT dengan pembelajaran konvensional pada materi pokok Besaran dan Satuan di kelas VII SMP Negeri 10 Medan T.P 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Ram p |
Keywords: | Satuan; Validitas; Tes; Observasi |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9842 |