Napitupulu, Dameria (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATI ( APTITUDE-TREATMENT-INTERACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA N 9 MEDAN TA 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
408121035 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
408121035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
408121035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
408121035 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
408121035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
408121035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
408121035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
408121035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
408121035 BAB I.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
408121035 BAB V.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
408121035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Model Pembelajaran ATI (Aptitude- Treatment-Interaction) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X SMA Negeri 9 Medan T.A. 2011/2012.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah two group pretes postes control design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 9 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Sebagai alat pengumpul data dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda. Jumlah soal sebanyak 20 soal dengan 5 pilihan berganda yang sudah di uji validitas, reabilitas, daya beda dan tingkat kesukarannya.
Dari perhitungan analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 38,33 serta Simpangan Bakunya 11,47 dan kelas kontrol adalah 38,0, serta Simpangan Bakunya 8,46 kemudian setelah dilakukan perlakuan yang berbeda yaitu Pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran ATI pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen adalah 83,83 serta Simpangan Bakunya7,73 dan Pembelajaran dengan menggunakan Model Konvensional pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata postes 68,67 serta Simpangan Bakunya 117,12. Dan dari pengujian data yang dilakukan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil uji hipotesis (uji t) hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung = 6,074 sedangkan ttabel = 2,002.
Karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan Model Pembelajaran ATI terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di SMA Negeri 9 Medan T.A 2011/2012
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Nap p |
Keywords: | Populasi; Sampel; Desain; Validitas Tes |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 02:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9837 |