Simanjuntak, Lamtio Pestauli (2012) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK MEMBELAJARKAN BANGUN RUANG SISI DATAR MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS VIII SMP N 5 PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
071244110020 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
071244110020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
071244110020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (548kB) | Preview
071244110020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
071244110020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
071244110020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
071244110020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
071244110020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
071244110020 BAB I.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
071244110020 BAB V.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
071244110020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
Abstract
Matematika merupakan mata pelajaran wajib di sekolah. Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 5 Pematangsiantar dieroleh bahwa hasil belajar siswa rendah, pembelajaran matematika kurang menarik perhatian siswa, kurangnya kontribusi siswa, dan masalah yang diselesaikan kurang relevan terhadap lingkungan sekitar siswa. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk mengatasinya yaitu dengan mengembangkan perangkat pembelajaran melalui Pembelajaran Matematika Realistik (PMR).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas perangkat pembelajaran pada topik bangun ruang sisi datar, dan mengetahui hasil belajar matematika siswa melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 5 Pematangsiantar tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah 39 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development/R&D).
Pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model Instrucsional Development Institute (IDI) yang dimodifikasi. Hasil pengembangan diperoleh perangkat pembelajaran yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Aktivitas Siswa (LAS), dan Tes.
Cara pengambilan data dilakukan melalui lembar validasi dan tes. Dari hasil lembar validasi diperoleh bahwa RPP memiliki nilai rata-rata 3,48 dengan kriteri sangat baik, LAS memiliki nilai rata-rata 3,6 dengan kriteri sangat baik, dan Tes yang dikembangkan adalah 4 butir soal valid sedangkan 4 butir soal lainnya tidak valid. Hasil uji reliabilitas yang diperoleh adalah 0,11, dengan criteria reliabilitas tes sangat rendah.
Berdasarkan tes, pada tes awal diperoleh 39 orang siswa yang tidak tuntas, ketuntasan klasikal 100%. Dari hasil tes yang dilakukan di akhir pembelajaran melalui PMR diperoleh bahwa 34 orang (87,17%) telah tuntas sedangkan 5 orang (12,82%) tidak tuntas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sim p |
Keywords: | belajar;prinsip PMR;analisis data |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 11 Aug 2016 08:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9821 |