UNSPECIFIED (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN BANTUAN POWEROINT PADA POKOK BAHASAN LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG SISI DATAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
071244110049 COVER.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
071244110049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
071244110049 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
071244110049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
071244110049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
071244110049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
071244110049 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
071244110049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
071244110049 BAB I.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
071244110049 BAB V.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
071244110049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui bagaimana pengelolaanpembelajaran yang dilaksanakan guru dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan power point pada pokok bahasan luas permukaan bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 1 Panei tahun ajaran 2011/2012. (2) Untuk mengetahui apakah pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan PowerPoint dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa
pada pokok bahasan luas permukaan bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 1 Panei tahun ajaran 2011/2012. (3) Untuk mengetahui bagaimana tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa setelah dilakukan pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan power point pada pokok bahasan luas permukaan bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 1 Panei tahun ajaran 2011/2012.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII – A SMP Negeri 1 Panei tahun ajaran 2011/2012. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan
pembelajaran berbasis masalah pada pokok bahasan luas permukaan bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua
siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil observasi pada setiap siklus, diperoleh rata-rata penilaian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan powerpoint adalah 2,32 dan termasuk pada kategori cukup. Kemudian, rata-rata penilaian pelaksanaan
pembelajaran pada siklus II yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan powerpoint ditambah dengan alat peraga meningkat menjadi 3,1 dan termasuk pada kategori baik. Dari tes kemampuan pemecahan
masalah siswa, pada siklus I diperoleh rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siswa adalah 59,22 yang berada pada kategori rendah. Kemudian, pada siklus II diperoleh rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siswa adalah 67,45 yang berada pada kategori sedang. Hal ini berarti setelah diberi tindakan kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat sebesar 8.23 atau sebesar 13,9
%. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan power point dan alat peraga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa menjadi lebih baik. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan power point dan alat peraga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP Negeri 1 Panei.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sep u |
Keywords: | evaluasi;alat praga;balok;kubus;limas;prisma |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 04:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9817 |